====================== TERIMA KASIH SUDAH MAU DATANG KE BLOG SAYA ========================

welcome say "enjoy the content"

Jam Berapa nih ?


Get your own Digital Clock

Follow Me On Twitter !!

Senin, 29 November 2010

Mengetahui Tanggal Akhir Bulan dengan Excel

eomonthTanggal terakhir dari satu bulan biasanya adalah tanggal ‘penting’ dalam pelaporan keuangan kita. Biasanya saya ketika membuat satu laporan keuangan, saya melihat kalender di atas meja kerja saya dan memasukannya ke sheet Excel satu satu persatu secara manual. Tentu hal ini adalah suatu pekerjaan yang merepotkan dan menjemukan. Sebetulnya Excel sudah menyediakan satu formula untuk menangani hal ini.
Formula ato rumus tersebut adalah EOMONTH. Penggunaannya sangatlah mudah yaitu =EOMONTH(tanggal, offset). Untuk tanggal kita tinggal menuliskan sebuah tanggal di satu bulan yang ingin kita lihat tanggal akhir bulannya, untukoffset adalah apakah kita ingin memajukan atau memundurkan bulan dari data yang kita masukan. Misalnya jika tanggal saya isi dengan 06/06/2009, jika offset saya isi dengan 0 maka hasil yang ditampilkan adalah bulan yang bersangkutan dan jika saya masukan nilai offset adalah 2 maka yang ditampilkan di hasil adalah akhir bulan dari 2 bulan setelah Juni yaitu Agustus.
Nah, langsung saja pada contoh dari rumus ini. Jika saya ingin melihat tanggal terakhir dari bulan Juni, maka rumus yang harus saya tulis adalah=EOMONTH(6/6/2009, 0). Untuk tanggal bisa anda tuliskan sembarang asal bulannya adalah bulan yang anda ingin cari tanggal terakhirnya.
Contoh
Oya, anda perlu mengaktifkan Add-ins Analysis ToolPak (melalui menu Tools ->Select Add-ins…) untuk menggunakan rumus ini. Hanya sebagai catatan, ketika saya mencobanya di Excel 2007 saya tidak mendapatkan kesalahan dalam penggunaan EOMONTH ini.
Untuk melihat contoh rumus ini, anda dapat mengunduhnya di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUAL PLATINUM

Dijual : Satu batang Platinum jm Assayers & Refiners AZL 18 London seberat 32 ounces PF.57182.Ada yang berminat hubungi ane ya gan, harga bisa nego.

Contac via e-mail or YM: armhan_shy@yahoo.com