====================== TERIMA KASIH SUDAH MAU DATANG KE BLOG SAYA ========================

welcome say "enjoy the content"

Jam Berapa nih ?


Get your own Digital Clock

Follow Me On Twitter !!

Selasa, 17 Mei 2011

Cara memaksimalkan ruang kosong dan daya baterai pada ponsel cerdas BlackBerry


Memantau memori yang ada

Untuk melihat perkiraan jumlah memori flash yang ada pada ponsel cerdas BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut.
  1. Pada layar Awal, buka Opsi.
  2. Pilih Status.
    • Bidang File Kosong menampilkan perkiraan jumlah memori flash yang ada untuk data. Jika Anda ingin memastikan bahwa nilai ini seakurat mungkin, hidupkan ulang ponsel cerdas BlackBerry untuk mengawali pengumpulan sampah lengkap. Untuk instruksi, lihat KB02141.
    • Bidang File Total menampilkan jumlah memori flash yang ada setelah memuat transceiver nirkabel, sistem operasi, dan aplikasi dasar.
Untuk melihat perkiraan jumlah memori flash yang terpakai pada ponsel cerdas BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut.
  1. Pada layar Awal, buka Opsi.
  2. Pilih Status.
  3. Tampilkan menu dan pilih Ukuran Database.

Kapan memori flash dianggap hampir habis?
Sistem operasi Java® ponsel cerdas BlackBerry mempunyai cara yang rumit dan dinamis dalam menentukan besarnya memori flash yang ada agar bisa menjalankan aplikasi Manajer Memori Hampir Habis. Untuk menentukan apakah memori flash hampir habis, ponsel cerdas BlackBerry mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti model perangkat keras ponsel cerdas BlackBerry, versi sistem operasi, jumlah aplikasi yang diinstal, frekuensi di mana data pengguna ponsel cerdas BlackBerry ditambahkan dan dihapus, dan seterusnya. Secara umum, semakin banyak ponsel cerdas BlackBerry digunakan, semakin banyak memori yang disisihkan oleh sistem operasi demi pengoperasian normal dan efisien.
Catatan: Bila ponsel cerdas BlackBerry telah menentukan bahwa memori flash hampir habis, maka ponsel akan menjalankan aplikasi Manajer Memori Hampir Habis secara otomatis, yang akan mengembalikan memori.
Bidang File Kosong menampilkan 0
Bila bidang File Kosong menampilkan 0, hampir bisa dipastikan ini berarti ponsel cerdas BlackBerry penuh dengan data. Ponsel cerdas BlackBerry menentukan bahwa memori flash hampir habis dan melakukan pengumpulan sampah dengan lebih ekstensif untuk menyediakan ruang bagi data baru. Walau demikian, meskipun saat ponsel cerdas BlackBerry penuh dengan data, ponsel ini dirancang agar tetap beroperasi dengan benar. Aplikasi Manajer Memori Hampir Habis mulai memulihkan memori flash saat data ditambahkan dan memerlukan memori flash tambahan.
Cara aplikasi Manajer Memori Hampir Habis bekerja
Aplikasi Manajer Memori Hampir Habis berfungsi memulihkan memori flash dengan menghapus data lama dan tidak penting; bila aplikasi Manajer Memori Hampir Habis berjalan, aplikasi ini tidak mempengaruhi pengoperasian ponsel cerdas BlackBerry yang biasa, jadi Anda tidak akan menyadari bahwa aplikasi ini sedang berjalan. Aplikasi Manajer Memori Hampir Habis meminta semua aplikasi pada ponsel cerdas BlackBerry untuk memulihkan memori. Walau demikian, aplikasi pihak ketiga harus dirancang khusus untuk berinteraksi dengan aplikasi Manajer Memori Hampir Habis.
Aplikasi Manajer Memori Hampir Habis membuat permintaan pada berbagai aplikasi di ponsel cerdas BlackBerry dalam urutan berikut:
  1. Aplikasi Manajer Memori Hampir Habis pertama meminta semua aplikasi untuk menghapus data yang berprioritas rendah (misalnya, data sementara seperti cache browser).  Jika langkah 1 tidak memulihkan cukup banyak memori flash kosong untuk menjalankan pengoperasian normal, maka aplikasi Manajer Memori Hampir Habis meminta aplikasi untuk menghapus data yang prioritasnya sedang (misalnya, pesan yang sangat lama, data peta yang disimpan dalam cache, dan entri kalender yang kedaluwarsa).
  2. Jika langkah 1 dan 2 tidak memulihkan cukup banyak memori flash, maka aplikasi Manajer Memori Hampir Habis akan mengkonfirmasi aplikasi Pesan untuk menghapus pesan email mulai dari pesan yang paling jarang diakses.

Cara memaksimalkan ruang kosong

Sebaiknya lakukan tindakan aktif untuk memaksimalkan memori flash yang ada pada ponsel cerdas BlackBerry, sehingga dapat memperpanjang waktu sebelum sistem operasi menjalankan aplikasi Manajer Memori Hampir Habis.
Berikut ini adalah saran mengenai cara memaksimalkan memori flash yang ada pada ponsel cerdas BlackBerry.
Gunakan kartu media
Kartu media berguna khususnya untuk pengguna ponsel cerdas BlackBerry yang ingin menyimpan file media seperti lagu, gambar, video, catatan suara, dan nada dering, atau yang ingin menyimpan gambar yang mereka potret dengan kamera bawaan. Kamera video bawaan pada ponsel cerdas BlackBerry mengharuskan kartu media berfungsi.
Untuk memastikan kamera bawaan disetel untuk meyimpan file gambar pada kartu media, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Pasang kartu media dalam ponsel cerdas BlackBerry. Untuk informasi lainnya, lihat KB12882.
  2. Buka aplikasi Kamera.
  3. Tampilkan menu dan pilih Opsi.
  4. Setel bidang Simpan Gambar menjadi Pada Kartu Media. Anda juga bisa mengganti setelan Folder ke folder tertentu tempat Anda ingin menyimpan gambar.
Hapus item yang tidak penting
Menghapus fitur dan aplikasi yang jarang digunakan akan menambah memori flash yang ada pada ponsel cerdas BlackBerry.
  • Gunakan aplikasi Panduan Penyetelan untuk menghapus bahasa yang tidak Anda gunakan dari ponsel cerdas BlackBerry. Menghapus bahasa sangat disarankan karena ini adalah salah satu cara yang paling signifikan untuk menambah memori flash yang ada.
    Untuk menghapus bahasa dari ponsel cerdas BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut.
    1. Pada layar Awal, buka Panduan Penyetelan.
    2. Pilih Bahasa.
    3. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada ponsel cerdas BlackBerry dan klik Berikutnya. Ponsel cerdas BlackBerry akan menghapus semua bahasa yang tidak Anda pilih.
  • Hapus aplikasi yang jarang digunakan.
    Untuk menghapus aplikasi dari ponsel cerdas BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut.
    1. Pada layar Awal, buka Opsi.
    2. Pilih Opsi Lanjutan.
    3. Pilih Aplikasi. Ponsel cerdas BlackBerry memerlukan waktu untuk membuat daftar menyeluruh dari aplikasi yang diinstal.
    4. Sorot aplikasi yang ingin Anda hapus, tampilkan menu dan pilih Hapus.
  • Kurangi jumlah kontak yang disimpan dalam Buku Alamat pada ponsel cerdas BlackBerry.
    Salah satu cara mengurangi jumlah kontak yang disimpan dalam Buku Alamat adalah menggunakan fitur pencarian alamat jauh bila Anda mengirim pesan email, daripada menyimpan kontak perusahaan dalam Buku Alamat. Anda bisa menggunakan fitur ini jika ponsel cerdas BlackBerry Anda menggunakan BlackBerry® Device Software versi 4.0 dan yang lebih baru dan salah satu BlackBerry® Enterprise Server versi 3.5 untuk Microsoft® Exchange atau BlackBerry® Enterprise Server versi 2.2 atau yang lebih baru untuk IBM® Lotus® Domino®.
Menghapus item lama
Pengguna ponsel cerdas BlackBerry bisa menghapus item lama dan yang tidak digunakan dan juga menyesuaikan setelan agar ponsel cerdas BlackBerry menghapus item lama sebagai bagian dari pemeliharaan rutin.
  • Hapus pesan SMS (Multimedia Messaging Service/Layanan Pengiriman Pesan Multimedia) yang tidak diperlukan lagi. Karena pesan MMS bisa berisi file media yang besar dan tidak bisa disimpan pada kartu media, maka pesan MMS bisa menghabiskan banyak memori flash. Jika Anda tidak ingin menghapus file media dalam pesan MMS, bukalah pesan MMS dan simpanlah file media pada kartu media sebelum Anda menghapus pesan MMS tersebut.
  • Ganti setelan Simpan Pesan pada ponsel cerdas BlackBerry untuk mengurangi jumlah pesan lama yang menggunakan memori flash.
    Untuk mengganti setelan Simpan Pesan, lakukan langkah-langkah berikut.
    1. Pada layar Awal, buka Pesan.
    2. Tampilkan menu dan pilih Opsi.
    3. Pilih Opsi Umum.
    4. Setel bidang Simpan Pesan menjadi 15 Hari atau 30 Hari.
  • Ganti setelan Simpan Janji Temu untuk mengurangi jumlah acara kalender lama yang menggunakan memori flash.
    Untuk mengganti setelan Simpan Janji Temu, lakukan langkah-langkah berikut.
    1. Pada layar Awal, buka Kalender.
    2. Tampilkan menu dan pilih Opsi.
    3. Pilih Opsi Umum.
    4. Setel bidang Simpan Janji Temu menjadi 15 Hari atau 30 Hari.
    Catatan: Pesan email dan janji temu hanya akan dihapus dari ponsel cerdas BlackBerry. Aplikasi pengiriman pesan email dan aplikasi janji temu yang telah dikaitkan dengan ponsel cerdas BlackBerry akan mempertahankan pesan email dan janji temu yang akan dihapus dari ponsel cerdas BlackBerry setelah jangka waktu yang ditentukan.
  • Sering-sering mengosongkan cache browser.
    Untuk mengosongkan cache browser, lakukan langkah-langkah berikut:
    1. Pada layar Awal, buka Browser.
    2. Tampilkan menu dan pilih Opsi.
    3. Pilih Operasi Cache.
    4. Pilih Kosongkan untuk Cache Konten. (Anda juga bisa menambah jumlah memori flash dengan memilih Kosongkan untuk Konten Dorong.)
Sesuaikan setelan untuk efisiensi penyimpanan optimal
Sesuaikan setelan berikut untuk mendapatkan efisiensi penyimpanan optimal pada ponsel cerdas BlackBerry Anda:
  • Dalam BlackBerry® Desktop Software, setel agar pesan berhenti diteruskan ke ponsel cerdas BlackBerry saat berada di dudukan.
    Untuk menyesuaikan setelan ini, lakukan langkah-langkah ini.
    1. Dalam BlackBerry® Desktop Manager, buka Setelan Email.
    2. Tandai kotak centang di sebelah Nonaktifkan pengalihan pesan saat perangkat Anda terhubung.
  • Setel pesan agar mengkonfirmasi Anda bila akan menghapus pesan email pada ponsel cerdas BlackBerry. Konfirmasi ini memungkinkan Anda memilih untuk menghapus pesan pada ponsel cerdas BlackBerry saja atau pada ponsel cerdas BlackBerry dan server pengiriman pesan, yang menghapus pesan email pada ponsel cerdas BlackBerry dan aplikasi email yang dikaitkan dengannya.
    Untuk menyesuaikan setelan ini pada ponsel cerdas BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut:
    1. Pada layar Awal, buka Pesan.
    2. Tampilkan menu dan pilih Opsi.
    3. Pilih Rekonsiliasi Email.
    4. Pilih Konfirmasi untuk setelan Hapus Pada. (Anda juga bisa memiih Handheld, bukan Konfrmasi, yang akan menghapus pesan pada ponsel cerdas BlackBerry tanpa konfirmasi, bila Anda memilih untuk menghapus pesan.)
    Catatan: Jika Anda meletakkan kursor pada bidang tanggal di daftar pesan email pada ponsel cerdas BlackBerry dan memilih Hapus Sebelumnya, Anda hanya akan menghapus pesan pada ponsel cerdas BlackBerry, apa pun setelannya dalam bidang Hapus Pada, dan membiarkan pesan email yang disimpan dalam aplikasi email yang dikaitkan dengan ponsel cerdas BlackBerry.
  • Memori flash digunakan untuk mengunduh dan menampilkan pesan email pada ponsel cerdas BlackBerry. Setel opsi Otomatis Lebih Lengkap menjadi Tidak untuk memastikan bahwa hanya beberapa bagian pesan email yang ingin Anda baca pada ponsel cerdas BlackBerry yang diunduh, ditampilkan, dan disimpan dalam memori flash. Dengan menyetel opsi Otomatis Lebih Lengkap menjadi Tidak, maka ponsel cerdas BlackBerry akan menampilkan kurang-lebih 2 KB pertama dari pesan email; Anda bisa menampilkan bagian lain dari pesan email dengan memilih Lainnya pada menu.
    Catatan: Jika opsi Otomatis Lebih Lengkap disetel menjadi Ya, maka dengan menggulir akan menampilkan bagian lengkap pesan email secara otomatis. Berhati-hatilah mungkin Anda akan mengunduh pesan email yang besar dengan menggulir melintasi pesan email pada ponsel cerdas BlackBerry.
    Catatan: Ukuran keseluruhan pesan email akan ditampilkan di bagian bawah layar pesan email. Rata-rata pesan biasanya tidak akan melebihi 2 KB.
    Dengan menyetel opsi Otomatis Lebih Lengkap menjadi Tidak, Anda bisa memastikan memori flash tidak digunakan secara tidak perlu pada ponsel cerdas BlackBerry dengan menolak opsi pengunduhan otomatis.
    Untuk menyetel opsi Otomatis Lebih Lengkap menjadi Tidak, lakukan langkah-langkah berikut:
    1. Pada layar Awal, buka Pesan.
    2. Tampilkan menu dan pilih Opsi.
    3. Pilih Opsi Umum.
    4. Dalam bidang Otomatis Lebih Lengkap, pilih Tidak.
    Perhatian: Opsi Semua Lainnya pada menu memberi Anda pilihan untuk mengunduh seluruh pesan email sekaligus, apa pun konfigurasi setelan Otomatis Lebih Lengkap tersebut.

    Opsi Semua Lainnya harus digunakan dengan hati-hati karena ponsel cerdas BlackBerry menggunakan memori flash untuk menyimpan pesan email yang telah ditampilkan.
  • Untuk ponsel cerdas BlackBerry yang menjalankan BlackBerry Device Software versi 3.8 atau 4.0, setel ponsel cerdas BlackBerry untuk memungkinkan kompresi konten. Meskipun kompresi konten menyebabkan ponsel cerdas BlackBerry bekerja lebih keras (sehingga menggunakan lebih banyak daya baterai), namun ini akan memastikan bahwa pesan email menggunakan memori flash sesedikit mungkin.
    Untuk menyetel ponsel cerdas BlackBerry agar memungkinkan kompresi konten, lakukan langkah-langkah berikut:
    1. Pada layar Awal, buka Opsi.
    2. Pilih Opsi Keamanan.
    3. Pilih Setelan Umum.
    4. Setel bidang Kompresi Konten menjadi Diaktifkan.

Cara memaksimalkan daya baterai
Daya baterai bisa dimaksimalkan dengan mengikuti saran-saran sederhana berikut.
  • Gunakan pintasan ponsel cerdas BlackBerry untuk mengakses fitur sistem umum dengan cepat. Untuk instruksi, lihat KB02867 dan Panduan Memulai untuk ponsel cerdas BlackBerry Anda. Menggunakan pintasan akan memungkinkan Anda melakukan hal yang sama pada ponsel cerdas BlackBerry dengan lebih cepat dan efisien, sambil menghemat daya baterai.
    Beberapa pintasan umum disertakan berikut ini:
    • Untuk menghapus item yang disorot, tekan tombol Hapus.
    • Untuk memilih atau mengosongkan kotak centang, tekan tombol Spasi.
    • Untuk melihat nilai yang ada dalam sebuah bidang, tekan tombol Alt.
    • Untuk berpindah aplikasi:
      1. Tahan tombol Alt dan tekan tombol Escape.
      2. Tahan terus tombol Alt dan sorot sebuah aplikasi.
      3. Lepaskan tombol Alt.
    • Setel opsi Otomatis Hidup/Mati untuk mematikan ponsel cerdas BlackBerry pada saat yang ditentukan bila Anda tidak sedang menggunakannya (seperti di malam hari), dan menghidupkannya lagi pada saat yang ditentukan bila Anda siap menggunakannya (seperti saat pagi hari tepat sebelum Anda bangun). Daya baterai dihemat dengan mematikan pada saat ponsel cerdas BlackBerry tidak digunakan.
      Untuk menyetel opsi Otomatis Hidup/Mati pada ponsel cerdas BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut:
      1. Pada layar Awal, buka Opsi.
      2. Pilih Otomatis Hidup/Mati.
      3. Tentukan waktu hidup dan waktu mati.
      Tip: Setel ponsel cerdas BlackBerry agar dihidupkan tepat sebelum Anda perlu menggunakannya, (misalnya beberapa menit sebelum bangun pagi) sehingga ponsel cerdas BlackBerry sempat menerima pesan email yang dikirimkan kepada Anda sewaktu ponsel cerdas BlackBerry dimatikan. Dengan cara ini, pesan email sudah diterima bila Anda siap membacanya.
    • Bila koneksi nirkabel tertentu tidak diperlukan, gunakan aplikasi Kelola Koneksi pada ponsel cerdas BlackBerry untuk mematikan koneksi. Misalnya, jika Anda tidak perlu menggunakan teknologi Bluetooth®, Anda bisa menggunakan Kelola Koneksi untuk mematikan koneksi Bluetooth.
      Untuk mematikan koneksi Bluetooth pada ponsel cerdas BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut:
      1. Pada layar Awal, buka Kelola Koneksi.
      2. Klik Bluetooth.
      Catatan: Menggunakan Kelola Koneksi, matikan transceiver nirkabel seluler bila Anda mengetahui bahwa Anda berada di luar kisaran jaringan seluler. Mematikan transceiver nirkabel seluler akan mencegah ponsel cerdas BlackBerry terus berusaha menemukan jaringan seluler, yang akan menghabiskan banyak daya baterai.

Persyaratan memori flash untuk aplikasi opsional
Tabel berikut menerangkan perkiraan jumlah memori flash yang digunakan untuk tiap aplikasi pada ponsel cerdas BlackBerry.
Aplikasi OpsionalPerkiraan ruang yang diperlukan*Perkiraan jumlah pesan yang sama*
BlackBerry Attachment Service120 KB 120 pesan
Bantuan65 KB per bahasa yang diinstal 65 pesan per bahasa yang diinstal
Aplikasi Instant Messenger   350-400 KB per aplikasi350-400 KB per aplikasi
Dukungan Bahasa   100-120 KB + per bahasa100-120 KB + per bahasa
BlackBerry® Maps  500-1.000 KB  350 pesan
Buku Memo   10 KB10 pesan
Penyimpan Kata Sandi   25 KB25 pesan
Tugas   25 KB25 pesan
Aplikasi pihak ketiga  Variabel Variabel
*Perkiraan ruang yang diperlukan untuk aplikasi opsional selalu tergantung pada model ponsel cerdas BlackBerry dan versi BlackBerry Device Software yang diinstal.
Catatan: Menghapus bahasa yang tidak digunakan dalam Panduan Penyetelan adalah salah satu cara paling efektif untuk menambah memori flash yang ada.

Informasi Tambahan

Ponsel cerdas BlackBerry dirancang agar beroperasi dengan benar walaupun memori flash yang ada hanya sedikit. Walau demikian, Anda bisa menjaga agar ponsel cerdas BlackBerry beroperasi dengan efisiensi tertinggi dengan memaksimalkan memori flash yang ada. Untuk memaksimalkan memori flash dan daya baterai, Anda harus mengetahui cara memantau memori yang ada dan strategi membantu menghemat memori flash dan daya baterai.

Penyebab penurunan kinerja

Ponsel cerdas BlackBerry berdasarkan pada teknologi Java yang tergantung pada memori flash yang ada bagi sejumlah tugas. Memori flash yang hampir habis bisa menyebabkan lambatnya pemrosesan informasi pada ponsel cerdas BlackBerry karena proses memulihkan blok memori flash, yang dikenal sebagai pengumpulan sampah, terjadi lebih sering dan hal ini menghabiskan waktu. Pengumpulan sampah Java secara otomatis mengembalikan memori flash yang tidak lagi digunakan oleh sistem operasi Java. Pengumpulan sampah Java juga bisa mengatur ulang blok memori flash yang sedang digunakan untuk membuat blok memori flash berurutan yang lebih besar. Seperti komputer yang menggunakan hard disk sebagai sumber memori virtual, ponsel cerdas BlackBerry mengeluarkan bagian yang jarang digunakan dari memori flash yang sedang beroperasi (biasanya dilakukan dalam SRAM (Static Random Access Memory/Memori Akses Acak Statis) yang cepat) ke memori flash yang lebih lambat. Dengan semakin bertambahnya isi memori flash ponsel cerdas BlackBerry, ponsel cerdas BlackBerry harus bekerja lebih keras untuk mengatur ulang memori flash agar mengalokasikan ruang penyimpanan yang diperlukan untuk pengoperasian normal. Karena itu, memori flash yang hampir habis akan menyebabkan pengumpulan sampah terjadi lebih sering dan dalam waktu yang lebih lama, yang juga menghabiskan daya baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUAL PLATINUM

Dijual : Satu batang Platinum jm Assayers & Refiners AZL 18 London seberat 32 ounces PF.57182.Ada yang berminat hubungi ane ya gan, harga bisa nego.

Contac via e-mail or YM: armhan_shy@yahoo.com